Ari Pudjiastuti

Bekerja sebagai WI membuat saya tidak kaget dengan perubahan. Bahkan itu menjadi hal yang menantang dan menyenangkan karena selalu belajar hal baru. Dan itu mem...

Selengkapnya
Navigasi Web
MediaGuru Gudangnya Guru Penggerak

MediaGuru Gudangnya Guru Penggerak

#TantanganGurusiana

Hari ke-25

Barangkali dulu banyak yang tidak melirik sedikitpun kiprah MediaGuru dengan program pelatihan Satu Guru Satu Buku (Sagusabu). Aahh... paling sama seperti pelatihan yang lain. Semangat berkobar saat pelatihan, namun lama-lama surut dan membeku. Itulah yang banyak dipikirkan orang, termasuk saya salah satunya. Belajar dari pengalaman, dampak pelatihan tidak lama terasa dan guru kembali ke habitatnya semula. Seperti lagu lama, “Aku masih seperti yang dulu...”.

Namun ternyata berbeda dengan pelatihan Sagusabu di MediaGuru. Selesai pelatihan peserta dibimbing selama sebulan penuh hingga menghasilkan buku. Dan yang membuat MediaGuru bertahan adalah mulai dari CEO, pimred, trainer, editor, tim kreatif, dan peserta menjalin komunikasi layaknya sebuah keluarga besar. Itu yang tidak ada di penerbit lain.

Dan sekarang orang mulai sadar MediaGuru perlu diperhitungkan saat MediaGuru mendapat penghargaan dari Perpusnas tahun 2019 lalu. Di saat lesunya dunia penerbitan ternyata MediaGuru yang natabene pendatang baru di dunia penerbitan mampu menunjukkan prestas. Bahkan anggotanya mencapai 50.000 lebih dan setiap hari masih terus bertambah. Dan itu bukan hanya anggota yang pasif, namun anggota yang aktif menulis. Jadi wajar sekali kalau saya berpikir kalau mau mencari guru penggerak di MediaGurulah tempatnya.

Kenapa MediaGuru bisa disebut gudangnya guru penggerak? Karena di MediaGuru semuanya bergerak menyebarkan virus menulis, aktif belajar, saling berbagi, dan saling memberi semangat untuk berkarya. Membagi ilmu yang dimilikinya untuk orang lain. Berkat MediaGuru mulai bermunculan guru/kepala sekolah/pengawas berprestasi dan juara di berbagai perlombaan. Semua berawal dari pelatihan sagusabu yang dilakukan MediaGuru. Di berbagai daerah juga mulai membentuk Ikatan Guru Penulis dan kegiatan-kegiatan positif yang mengarah pada upaya memajukan literasi di daerahnya masing-masing.

Selain itu yang membuat MG semakin berkibar adalah adanya inovasi tiada henti dari CEO MediaGuru, Bapak M. Ihsan. Berbagai ide brilian lahir dari tangan dingin beliau. Lahirnya Satu Siswa Satu Buku, Satu Dosen Satu Buku, Satu Mahasiswa Satu Buku, Satu Pengawas Satu Buku, Satu Pamong Satu Buku, Satu Penilik Satu Buku dan program lainnya yang membuat MediaGuru semakin tak terkejar lagi.

Satu lagi inovasi yang baru-baru ini diluncurkan. Sebuah ide gila dari CEO MediaGuru yang mengajak semua keluarga MediaGuru ikutan gila. Apa itu? Tantangan menulis di akun gurusiana secara terus menerus minimal selama 30 hari. Dan even itu sukses membuat keluarga MediaGuru menjadi gila beneran. Gila menulis, gila mencari ide, gila saat kehabisan ide, gila yang gagal posting, gila yang menjadi admin gurusiana karena harus begadang, dan juga gila yang harus remidi. Kira-kira ada nggak ya yang akan melanjutkan kegilaannya selama 90 hari? Kita tunggu saja setelah 90 hari. Berapa banyak yang masih bertahan gila. Ampuuuuunnnn.... saya sudah mulai gila ini. Tidak bisa tidur kalau belum menulis. Bagaimana dengan anda?

Batu, 08/02/2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Gile loe, Ndro....

08 Feb
Balas

Hehehehe.....entah apa yang merasukimu...sepertinya lagu ini tepat ya bund. Sehat dan sukses selalu buat bunda.

08 Feb
Balas



search

New Post